Sarana dan Prasarana Desa Bukek


Sarana dan Prasarana Desa Bukek


      1.  Jumlah Fasilitas Sosial Ekonomi Desa Bukek

 

Jumlah Fasilitas Sosial Ekonomi
Desa bukek Tahun 2016

2. Jumlah Sarana dan Prasarana Transportasi dan Perhubungan Desa Bukek
Transportasi merupakan salah satu unsur yang menentukan laju pertumbuhan ekonomi dan sosial pada suatu desa serta dapat mempengaruhi mobilitas informasi dan penduduk dari suatu desa ke desa lain.
Pada tahun 2016 total panjang jalan di Desa bukek adalah 507 Km yang merupakan jalan desa yang menghubungkan antara dusun yang satu dengan dusun yang lain. Sedangkan fungsi jalan yang ada dengan tingkatan arteri primer, lokal sekunder, serta jalan lingkungan. Jalan-jalan tersebut dengan fungsi hubung sebagai berikut :
a.        Jalan utama yang menghubungkan antara Desa bukek (Kecamatan Tlanakan) dengan desa lain di Pamekasan.
b.        Jalan Lingkungan yaitu jalan yang menghubungkan antara perumahan penduduk di dalam satu kawasan pemukiman.


3.  Jumlah Sarana dan Prasarana Jalan Fasilitas Sosial Desa Bukek


4. Sarana dan Prasarana Telekomunikasi dan Informasi
Masyarakat Desa bukek sebagian besar untuk kebutuhan telekomunikasi pada saat ini menggunakan Jaringan Telepon Seluler dimana jaringannya sudah merata dan menjangkau kalangan masyarakat paling bawah.

5. Sarana dan Prasarana Drainase dan Limbah
Dengan semakin pesatnya perkembangan fisik Desa bukek maka diperlukan system drainase yang memadai untuk menyalurkan air buangan/limbah keluarga dan air limpahan air hujan ke saluran pembuangan induk. Penyediaan jaringan drainase di Desa bukek belum memadai dimana sebagian jalan utama masih belum memiliki saluran drainase atau fungsi saluran yang belum sesuai.  Drainase dibedakan menurut kondisinya yaitu drainase permanen, semi permanen dan tidak permanen. Drainase di Desa bukek termasuk kurang baik, yang langsung dibuang ke aliran yang langsung bermuara ke laut. Penanganan air limbah yang berasal dari rumah tangga masih belum menggunakan saluran pematusan dan cenderung dibiarkan begitu saja oleh rumah tangga.

6. Sarana dan Prasarana Air Bersih
Untuk kebutuhan air bersih, penduduk Desa bukek menggunakan air Sumur. Sedangkan sumber mata air lain yang juga dimanfaatkan oleh seluruh warga adalah air kemasan/air mineral.
No
Dusun
Sumur/Bor
1
Selatan
1
2
Utara
0
3
Tengah
0
4
Barat
0
5
Timur
7

Jumlah
8


 7. Energi
Secara keseluruhan mayoritas penduduk Desa Bukek menggunakan jaringan listrik dari jasa PLTD. Untuk mendukung kebutuhan energi rumah tangga setiap harinya juga menggunakan beberapa alternatif energi diantaranya:  minyak tanah, kayu dan gas LPG.

8. Kondisi Kesehatan Masyarakat
Kesehatan sebagai tolok ukur utama terhadap keberhasilan pembangunan taraf hidup masyarakat khususnya Desa bukek. Berdasarkan data yang ada dimana sarana prasarana kesehatan yang dimiliki oleh Desa bukek terdiri atas 1 unit Gedung Poskesdes dan 1 unit posyandu dengan tenaga kesehatan yaitu 2 tenaga bidan yang dibantu oleh 25 kader kesehatan Posyandu. Mengingat kondisi geografis dan mulai memahaminya masyarakat Desa bukek terhadap aspek kesehatan, terutama yang berkaitan langsung dengan fisik mereka yang menyangkut kebersihan, dan minimnya fasilitas air bersih maka beberapa penyakit sering terjangkit dimasyarakat dapat ditekan diantaranya : Diare, Gatal-gatal, Muntaber, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). 

9. Pendidikan
Pendidikan adalah satu hal penting dalam memajukan tingkat kesejahteraan pada umumnya dan tingkat perekonomian pada khususnya. Dengan tingkat pendidikan yang tinggi maka akan mendorong tingkat kecakapan demi tumbuhnya ketrampilan kewirausahaan. Dan pada gilirannya mendorong munculnya lapangan pekerjaan baru dengan sendirinya dan akan membantu program pemerintah untuk pembukaan lapangan pekerjaan baru guna mengatasi pengangguran. Pendidikan biasanya akan dapat mempertajam sistematika sosial dan pola sosial individu, selain itu mudah menerima informasi yang lebih maju.


Berdasarkan data kualitatif yang diperoleh menunjukkan bahwa di bukek kebanyakan penduduk hanya memiliki bekal pendidikan formal pada level  tidak tamat pendidikan dasar 48,59% dan Pendidikan Menengah SLTP dan SLTA 25,23%. Sementara yang dapat menikmati pendidikan di Perguruan Tinggi hanya 2,33%. Dari data di tabel, diketemukan fakta yang menarik yaitu jumlah perempuan terdidik prosentasenya lebih tinggi dibandingkan dengan laki-laki, dalam prosentasenya laki-laki terdidik sebesar 37,89% sedangkan perempuan 42,68 %

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Budaya Desa Bukek

Potensi Desa Bukek

Demografi Desa Bukek