HASIL TANI DESA BUKEK


HASIL TANI DESA BUKEK


Tembakau

Tembakau adalah tanaman yang tumbuh didataran tinggi yang memiliki struktur tanah yang agak keras. Mayoritas pekerjaan warga Bukek adalah bertani, Ladang masyarakat yang ada di Desa Bukek banyak yang ditanami pohon tembakau, mereka beranggapan bahwa jika ladang mereka ditanami pohon tembakau maka nilai jualnya akan tinggi serta ladang mereka akan menghasilkan pundi – pundi rupiah yang lumayan besar. Proses penanaman, pemeliharaan sampai panen memakan waktu yang lumayan lama dan perjuangan yang besar. Mereka menanam benih hingga tumbuh daun memakan waktu 3 bulan. Mereka harus rutin untuk menyiram tanaman tembakau sampai memiliki daun yang lebar dan menguning (daun yang tua). Aktivitas para petani di Desa Bukek dimulai pada saat selesai sholat subuh, mereka berbondong – bondong bersemangat untuk menyiram pohon tembakau yang mereka miliki dengan timba besar sebanyak 2 buah yang berisi air yang mereka pikul di bahu mereka dari sumber mata air yang berada di tengah – tengah ladang tembakau mereka. Tak hanya pria, ibu – ibu serta remaja ikut menyiram tanaman tembakau tersebut. Mereka menyiram tanamannya sampai siang hari selepas dhuhur, tak hanya aktifitas menyirm pohon tembakau, ada jagung serta sayur kangkung yang mereka tanam diladang sebagai tumpang sari dengan pohon tembakau tersebut. Kegiatan warga juga mencari pakan rumput untuk pakan ternak milik mereka.
Daun tembakau yang sudah tua dipanen denga cara dipetik, setelah itu dijemur sampai benar – benar kering, setelah itu daun yang sudah dijemur tersebut dipotong kecil – kecil dengan menggunaan alat pemotong yang sudah pasti dimiliki oleh setiap warga yang memiliki pohon tembakau. Setelah dipotong – potong, proses seetelah lanjutnya yakni penjemuran kembali dibawah sinar mentari sampai kering. Kemudian hasil dari panen tembakau biasanya dijual kepada pabrik rokok dan ada juga yang dibuat rokok untuk kebutuhan pribadi.

Jagung
Hasil gambar untuk tani jagungJagung merupakan tanaman pangan yang sudah sering beredar di masyarakat luas dan terkadang menjadi santapan pokok atau sekedar lauk pauk bisa juga sebagai sayur mayur. Jagung juga merupakan tanaman yang sering ditanam oleh petani dikarenakan manfaatnya yang sangat banyak bagi masyarakat serta penanamannya juga dibilang mudah. Hal itu juga berlaku bagi masyarakat Desa Bukek yang juga menanam jagung sebagai hasil tani masyarakat sekitar. Masa tanam jagung di Desa Bukek sekitar 2-3 bulan kemudian setelah itu mereka menanam tanaman tembakau. Biasanya hasil tanam jagung di Desa Bukek langsung dijual kepada para pedagang di pasar atau sekedar dipakai untuk makanan sehari-hari. Melihat hasil panen jagung di Desa Bukek, KKN 47 UTM membuat produk yang berbahan dasar jagung yakni seperti nugget jagung, puding jagung, serta jasuke (jagung susu keju). KKN 47 UTM berinisiatif membuat produk berbahan dasar jagung dikarenakan ingin membantu masyarakat dalam pengembangan hasil panen warga sekitar. Setelah dibuat produk, harapannya produk tersebut bisa dilanjutkan oleh masyarakat sekitar untuk pengembangan hasil panen masyarakat serta untuk memberikan tambahan pemasukan ekonomi untuk desa dari hasil panen tersebut

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Budaya Desa Bukek

Potensi Desa Bukek

Demografi Desa Bukek