Geografis Desa Bukek


Kondisi Geografis Desa Bukek






Wilayah desa bukek berada di wilayah daratan dan berbatasan langsung dengan desa larangan selampar sebelah barat dan gugul di sebelah selatan dan desa teja di sebelah utara dan desa panglegur sebelah timur .
Angka curah hujan rata-rata cukup rendah, sebesar 1.112,4 mm pertahun sebagaimana daerah lain di Indonesia, Desa bukek beriklim tropis dengan tingkat kelembaban udara lebih kurang 65% dan suhu udara rata-rata 24 – 32 °C, serta curah hujan terendah terjadi pada bulan juni sampai dengan Oktober.
Iklim Desa bukek sama dengan iklim keseluruhan Kabupaten Pamekasan, yakni iklim tropis dengan 2 musim, yaitu musim hujan antara bulan Nopember – Maret dan musim pancaroba antara bulan Maret – Juni serta kemarau antara bulan Juni - Nopember.
Secara Administrasi Desa bukek terletak sekitar 13.5 Km dari ibu kota Kecamatan Tlanakan, kurang lebih 36 Km dari Kabupaten Pamekasan, dengan dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga diantaranya di Sebelah Utara berbatasan dengan Selat Madura, Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Banbaru dan Desa Jate. Disebelah Selatan berbatasan dengan Laut Madura sedangkan disebelah Barat berbatasan dengan Laut Madura juga.
Adapun pembagian wilayah pemerintahan Desa bukek terdiri atas 4 Dusun dengan Rukun Tetangga (RT) yang meliputi :
a.                   Dusun Sokarami terdiri atas 4 Rukun Tetangga;
b.                  Dusun Bunbarat terdiri atas 2 Rukun Tetangga;
c.                   Dusun Komadu terdiri atas 3 Rukun Tetangga;
d.                  Dusun Bundajah terdiri atas 2 Rukun Tetangga;


Luas wilayah Desa bukek sebesar 2.27 Km2. Luas lahan yang ada terbagi dalam beberapa peruntukan, dapat dikelompokkan seperti untuk Fasilitas umum, Pemukiman, Pertanian, Kegiatan ekonomi dan lain-lain. Wilayah desa bukek umumnya berupa Ladang/Tegalan seluas 325.98 Ha.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Budaya Desa Bukek

Potensi Desa Bukek

Demografi Desa Bukek