Potensi Desa Bukek

Potensi Desa Bukek


           Sumber Daya Alam



Penggunaan lahan Desa Bukek, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan digunakan untuk pemukiman warga, pertanian/sawah dan ladang/pekarangan. Lahan pertanian sawah mengarah pada jenis penanaman tembakau dan jagung. Sedangkan pekarangan meliputi bambu, daun ketela, pohon pepaya, dan pohon mangga. Penanaman tembakau dan jagung ditanam musiman berdasarkan faktor cuaca dan kondisi tanah. Selain sebagai pertanian, lahan diperuntukkan sebagai pemukiman mengikuti jalan dan adanya sarana prasarana yang tersedia untuk melengkapi dan menunjang aktivitas masyarakat Desa Bukek.

Sumber Daya Manusia



Pengembangan SDM di Desa Bukek merupakan hal yang menjadi prioritas dan kewajiban pemerintahandesa. Namun, dalam pengembangan itu perlu diseseuaikan dengan kondisi masyarakat yang berada di desa tersebut. Kekayaan sumber daya alam, dapat didukung dengan :
a.      Infrastruktur yang ada seperti masjid sebagai tempat peribadatan masyarakat
b.     Adanya kemajuan tekhnologi seperti telephone seluler sebagai sarana informasi dan komunikasi antar masyarakat, yang dibutuhkan untuk mendukung pembangunan masyarakat tidak akan bisa maksimal apabila tidak didukung oleh kemampuan SDM di desa tersebut.
c. Penunjang kesehatan menjadi instrumen yang sangat strategis yang harus dikembangkan untuk terwujudnya SDM yang memadai seperti posyandu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Budaya Desa Bukek

Demografi Desa Bukek